Kuliah Umum: Dampak Teknologi Digital terhadap Perkembangan Kognitif Anak dari Perspektif Information-Processing
Fakultas Psikologi UNTAG Samarinda menghadirkan Dr. Ika Andrini Farida, S.Psi., M.Psi., dosen Universitas Negeri Malang bentuk dari kerjasama antara dua universitas dalam kuliah umum bertema “Dampak Teknologi Digital terhadap Perkembangan Kognitif: dari Perspektif Information-Processing”. Dalam paparannya, Dr. Ika mengulas secara mendalam bagaimana teknologi digital memengaruhi berbagai aspek fungsi kognitif, mulai dari perhatian, memori, hingga pengambilan keputusan.
Pendekatan information-processing dijelaskan sebagai kerangka utama dalam memahami perubahan dan tantangan perkembangan kognitif di era digital. Salah satu sorotan utama adalah fenomena continuous partial attention, yaitu kecenderungan individu untuk terus membagi perhatian akibat notifikasi, infinite scroll, dan kebiasaan checking behavior yang merajalela. Hal ini berdampak pada rentang perhatian yang semakin pendek dan munculnya kondisi attentional overload.
Selain itu, penggunaan perangkat digital secara berlebihan dapat mengarah pada digital dementia, yaitu menurunnya kemampuan kognitif akibat ketergantungan terhadap teknologi. Informasi yang melimpah juga berisiko menyebabkan information overload yang berujung pada decision paralysis atau kegagalan dalam mengambil keputusan.
Meski demikian, Dr. Ika juga menyoroti sisi positif teknologi digital yang dapat mendorong eksplorasi, kreativitas, dan fleksibilitas kognitif, selama digunakan secara bijak. Dalam konteks parenting, beliau menekankan pentingnya peran orang tua dalam mengembangkan keterampilan metakognitif dan menjaga keseimbangan emosi serta kognitif dalam mendampingi anak menghadapi era digital.
Kuliah ini memberikan pemahaman komprehensif mengenai tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh teknologi digital terhadap perkembangan anak dan menjadi bekal berharga bagi mahasiswa, orang tua, dan pendidik dalam menyikapi era informasi yang terus berkembang.