LOGIN ADMIN / OPERATOR
FOTO DEKAN

Nuraida Wahyu S., S.Psi., M.Psi., Psi.
NIK. 62.17.1.0214

PROGRAM STUDI
Visi Dan Misi
Artikel ini di share pada :

 Visi

Menjadi Program Studi yang terkemuka di Kalimantan Timur pada tahun 2020

Unggul adalah mempunyai kelebihan dalam hal pengetahuan, kompetensi dan attitude sehingga diharapkan lulusan Fakultas Psikologimempunyai keunggulan dalammenangani permasalahan permasalahan Psikologi yang terjadi di masyarakat yang membutuhkan penanganan secara psikologis. Hal ini diperkuat dengan mata kuliah Kode etik Psikologi, Pengembangan diri & Karir serta mata kuliah kahlian yang diberikan pada mahasiswa.

Mandiri sikap dan tindakan bagi seluruh civitas akademika fakultas psikologi dengan harapan lulusan fakultas psikologi akan memiliki kemampuan yang mandiri baik dalam bekerja ataupun untuk menjadi wirausaha dalam hal ini prodi membekali dengan mata kuliah kewirausahaan dan inovasi psikologi, psikologi kepemimpinan dan fakultas psikologi memiliki komunitas entrepreuneur untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dan memberi pengalaman praktis yang berkaitan dengan kewirausahaan. Selain itu juga ada PLP yang merupakan pusat layanan jasa psikologi sebagai wadah bagi mahasiswa, alumni dan dosen untuk mengaplikasikan ilmu psikologi dalam membantu masyarakat yang membutuhkan jasa psikologi sehingga mahasiswa dan alumni  memiliki keterampilan dan pengalaman di lapangan sebagai bekal ketika nanti mereka terjun di dalam masyarakat.

Berjiwa Kebangsaan adalah  mahasiswa fakultas psikologi memiliki  kesadaran dalam berbangsa dan bernegara serta mampu menempatkan dirinya sesuai kapasitasnya dalam bermasyarakat. Di dukung oleh mata kuliah Pancasila dan kewarganegaraan, bahasa Indonesia, ISBD. Selain itu senat mahasiswa melakukan kegiatan kegiatan pada hari besar Nasional  sebagai bentuk pengabdian masyarakat dan mempertebal jiwa kebangsaan pada diri mahasiswa. Serta mendorong mahasiswa untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh instansi pemerintahan misalnya saja kegiatan Sail Tomini yang diadakan pada tahun 2015.

Sehingga memiliki visi sebagai berikut :

Menjadi Fakultas Psikologi yang unggul, mandiri dan berjiwa kebangsaan di Kalimantan tahun 2020

Misi

Misi Program Studi Psikologi 

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, berdaya saing  sesuai kebutuhan stakeholder.


  2. Menyelenggarakan pendidikan bidang psikologi untuk menghasilkan lulusan yang mandiri. dalam bekerja ataupun untuk menjadi wirausaha . 


  3. Membentuk pribadi yang unggul dengan menjunjung tinggi semangat jiwa kebangsaan di tengah masyarakat multikultur.


Tujuan

  1. Tersedianya sumber daya manusia Fakultas Psikologi yang mandiri, unggul dan profesional dalam penyelenggaraan pendidikan.
  2. Menghasilkan sarjana Psikologi yang mampu bekerja dan berwirausaha sesuai dengan kompetensinya.
  3. Terbentuknya pusat penelitian di bidang Psikologi dengan kearifan lokal dan berjiwa kebangsaan.

Secara lebih spesifik sarjana psikologi UNTAG 1945 Samarinda akan memiliki kompetensi sebagai berikut :

  1. Menguasai konsep teoritis utama dalam bidang ilmu psikologi.
  2. Menguasai aplikasi teori psikologi untuk pemecahan masalah pada level individu, kelompok, keluarga, sekolah, dan organisasi.
  3. Mampu melakukan penelitian dengan metode penelitian dasar menggunakan prinsip psikologi secara kualitatif dan kuantitatif untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah pada setting pendidikan dan industri organisasi.
  4. Mampu mengembangkan instrumen skala psikologi berdasarkan kaidah-kaidah pengukuran psikologi.
  5. Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip diagnostik dan kode etik psikologi indonesia.
  6. Mampu mengadministrasikan hasil tes psikologi sesuai dengan kode etik psikologi indonesia.
  7. Mampu melakukan intervensi psikologi dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain dalam setting pendidikan dan industri organisasi berdasarkan konsep psikologi     dan kode etik psikologi indonesia.
  8. Mampu menyajikan gagasan secara tertulis, menuangkan ide secara verbal,  menampilkan presentasi dan menggunakan teknologi informasi dengan benar dan bertanggungjawab.
  9. Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan kode etik psikologi Indonesia.
  10. Mampu membangun hubungan profesional dan hubungan interpersonal secara sehat.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Website Fakultas Psikologi ?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup
Biasa
Kurang Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 101704 kali