LOGIN ADMIN / OPERATOR
FOTO DEKAN

Nuraida Wahyu S., S.Psi., M.Psi., Psi.
NIK. 62.17.1.0214

PROGRAM STUDI
OUTBOUND PERMAINAN TRADISIONAL (Tema : Fun with Traditional Game)
Ditulis oleh : Admin - Prodi : Psikologi

13 Mei 2016 - 09:20:19 WIB

Kegiatan Outbound yang diadakan pada hari Minggu, 01 Mei 2016 pada pukul, 08.00 pagi s/d 11.30 siang, berlokasi di Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Kegiatan Outbound ini diikuti oleh peserta umum sekitar 20 anak. Dilakukan dengan tujuan memperkenalkan kembali permainan asli dari Indonesia agar anak-anak tidak selalu bermain hanya dengan gadget saja yang justru terkadang berdampak negatif bagi perkembangan kepribadian mereka.

Outbound Permainan Tradisional dengan tema “Fun with Traditional Game” ini sangat menyenangkan dan membuat anak-anak bergerak, dan tidak hanya terpaku duduk diam dengan game online yang mereka mainkan. Permainan Tradisional ini bukan hanya menyenangkan. Namun, sangat bermanfaat bagi anak-anak untuk melatih kerja otak, motorik halus dan kasar dengan permainan yang mudah dan menantang, serta bermanfaat untuk melatih kekompakkan dan kerjasama.

Diantara Permainan yang melatih kerja otak serta motorik halus dan kasar diantaranya adalah permainan yang sekarang sudah jarang dimainkan oleh anak-anak, seperti permainan Congklak yang tidak hanya melatih gerakan tangan tapi juga daya berfikir seperti taktik apa saja yang harus digunakan agar dapat memenangkan permainan. Permainan Bakiak yang memerlukan konsentrasi pada setiap individunya, karena bila tidak akan terjatuh dan langkah akan tersendat. Permainan Lempar Karet Gelang yang dapat merangsang motorik halus dan dapat melatih kesabaran dan konsentrasi anak agar karet gelang bisa masuk kedalam tongkat kecil yang sudah disediakan.

Lalu ada permainan yang dapat melatih kerja otak serta melatih kekompakkan dan kerjasama. Permainan Kucing & Tikus yang menyenangkan dan dapat meningkatkan kebugaran dan kelincahan pada anak dan juga melatih kekompakkan. Permainan Gobak Sodor yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kecerdasan emosional pada anak dan juga melatih pola kerjasama. Permainan Patung Pancoran yang membuat anak lebih mengenal satu sama lain dan melatih konsentrasi dan strategi.

Terakhir adalah sesi Menggambar, dimana anak-anak diminta untuk menggambar dan akan diberi penilaian tentang hasil gambaran mereka. Dalam menggambar perlu ditekankan bahwa bukan bagus atau tidak gambar dari mereka. Namun, kreativitas dan konsep dari gambar yang mereka buat. Dari hasil gambar pada anak-anak kita juga bisa menilai dari sisi psikologis pada anak, karena semua akan tertuang dalam hasil gambar mereka.

Pada Outbound Kali ini tidak hanya dilaksanakan di satu kali dan satu tempat saja melainkan tiga kali ditempat yang berbeda yaitu Kegiatan outbond yang dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 28 Mei 2016, di Ladang Budaya Tenggarong, pada jam 08.30 – 11.30 WITA. Dihadiri oleh 60 siswi dari SMP BUNGA BANGSA Samarinda. Dan Pada hari kamis tanggal 02 Juni 2016 yang di laksanakan di kumala tenggarong yang dihadiri oleh siswa/i SMP IT NURUL ILMI TENGGARONG.


JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Website Fakultas Psikologi ?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup
Biasa
Kurang Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 94761 kali